Resume mat 6 Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

 PEMATERI : EMA UMIYATUL CHUSNAH, ST, M.Mpd.

Bonus dan tantangan menuju Indonesia emas adalah badan pusat statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif, yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat.

Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi ini juga cukup besar. Salah satunya adalah masuknya paham radikalisme & ideologi.

Yang harus dilakukan adalah menggali kembali makna nilai-nilai dari Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045. Selain itu, pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menangkal paham radikalisme.

Pembangunan nasional adalah untuk manusia Indonesia, di mana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai-nilai budaya inti(core values) yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata sosial sejalan dengan perkembangan masyarakat.

Peran NU dalam membangun moralitas bangsa menuju Indonesia emas

* Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh NU ialah paham kebangsaan yang memberikan pengajian kepada seluruh elemen bangsa.

* Nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

Lihat juga blog teman saya: NevinQadaria 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berita LOLOS SELEKSI PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA (PMM) TAHUN 2023, MAHASISWA K3 UNUSA, BERANGKAT BELAJAR KE POLITEKNIK NEGERI BATAM SELAMA 1 SEMESTER

resume materi 4 TANTANGAN DAN PELUANG MAHASISWA DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0

Resume mat 2 GENERASI MUDA BERINTEGRASI ANTI KORUPSI